Tuesday, March 20, 2012

mangut pe masak jamur

Beberapa kali masak iwak pari, pastiiiiii erorrr terus. bau pesing yang menyengat selalu saja gak hilang2. ampe di protes suami jangan beli iwak itu lagi. pertama kali beli dulu di warteg ko berasa kenyal2 enakk gitu, jadi kalo melintasi di pasar ikan yang ada setumpuk iwak pari nya itu yoo tetep aja tergoda dan penasaran. hingga suatu ketika.. eng.. eng eng hahahha apaan sih? jadi kemaren pas beli ikan seger liat lagi tu si pari2, masih gak kapok2 juga dah ileran mau beli tu iwak. sebelum beli coba ngobrol2 ma penjualnya

me: "bu.. buat ngilangin bau ikan ini gimana yah?"
si ibu: "di goreng dulu" jawabnya singkat dan padat tentu aja hal ini yang gak pernah aku lakukan, karna
baca2 di resep tidak tertera buat di goreng dolo.

howekehh.. beliii.., seperempat dolo dah.. namanya juga harus percobaan dari awal lagi. dannnnn.. setelah di goreng en di cemplang cemplung ma bahan2 bumbu lainnya... yehaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.... sempurna. baunya bener2 ilang, cuman kayanya aku goreng masih kurang coklat dikit jadi masih ada nyisa baunya sekitar 2 persen. pas ta tanya ke mas kukuh juga katanya masih ada bau dikit... tapi juga, keknya dia masih trauma dengan bikinan2 ku sebelumnya, jadi dia dah eneg duluan.., ah.. kayanya yang doyan baru aku ma ibu, gak papa lah.. buat tambahan menu, yang pasti ada elmu dari iwak pari yang mulai aku pelajari.


Mangut iwak pe sayur jamur ala Raida Wardoyo

Bahan:
- 250gr iwak pari
- 5 biji cabe merah besar iris tipis
- 5 biji cabe ijo iris tipis
- 10 butir bawang merah, rajang halus
- 3 siung bawang putih,rajang halus
- 2lbr daun salam
- 1sdt terasi bakar
- 1 sdt ketumbar
- 1 jari lengkuas di geprak
- setengah kaleng jamur kancing
- 3 biji tomat sambal
- 750ml santan cair, saya pakai santan kara 1 kotak terus di cairkan ampe jadi 500cc
- 1sdm bawang merah goreng
- garam dan gula secukupnya
- minyak untuk menumis

Cara buat:
Goreng iwak pari hingga kecoklatan. tumis bawang merah, bawang putih dan cabe, masukkan daun salam dan lengkuas serta terasi bakar hingga harum. Masukkan iwak pari. tambahkan santan, aduk terus. tambahkan sisa bumbu lainnya. setelah semua matang tambahkan bawang goreng, siap di hidangkan.

inspirasi resep dari dapur Keluarga Nugraha , udah dimodifikasi berdasarkan isi dapur

No comments:

Post a Comment