Saturday, February 11, 2012

si Amris yang pernah sengsara


sering banget liat di resep2 tentang amris, pengen juga mencoba. kayanya enak buat sarapan, di jadiin snack ato bekal hemm.. bergizi, tapi eh tapi ternyata bikin pertama kali aduh nian.. hancur berantakan dan belepotan. dari yang ketebelan pecah, panir yang susah nempel ampe lipatan yang amburadul. bikin satu resep aja memakan waktu berjam2 jam. tapi saya tak menyerah.. semakin sulit semakin asyik..

percobaan demi percobaan terus di lalui, jelajah resep kesana kemari, nyicipin sana sini hingga ketemulah formula Amrisss ala saya.....

Resep Amris ala Raida wardoyo
ingredients;
Kulit
- 100gr tepung terigu, lebih baik lagi pake cakra kembar
- 2 biji telur ukuran sedang
- 300ml susu cair, saya pake susu UHT full cream punyanya Ultra, lebih alami
- sedikit garam
- 2sdm minyak goreng

pelapis;
- tepung panir
- telur, putihnya doank juga gak papa, mayan sisa dari bikin cake yg pake kuning telur berlusin2

isi;
- daging asap potong memanjang, gak punya daging asap pake aja sosis trus di cincang
- telur rebus potong2
- keju lembaran, lebih yummy pake yg quick melt ato keju mozzarella, wuih.. hangat2.. nikmatttt.. pas kena lelelehan kejunya.., keju juga bisa di ganti mayones, ato pake dua2 nya aja juga oke.


cara buat;
1.campur tepung dan garam dalam wadah, masukkan telur di tengah2 nya, aduk pake wisk.
2. masukkan susu cair sedikit demi sedikit sampai tercampur rata, tuang minyak goreng, aduk lagi. diamkan selama 15-30menit.
3. oles pan datar dengan mentega sedikit, hanya untuk pertama kali aja, selanjutnya gak perlu lagi, kecuali bikinnya super duper banyak. masukkan satu sendok sayur adonan dari tepi sambil di puter2, kalo pinggirnya dah mulai terlepas.. berarti udah mateng.. angkat. lakukan sampai habis.
4. masukkan isinya, lipat kaya amplop segi empat bisa juga segitiga, celupkan ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir, kalo mau lebih tebel bisa di celupkan lagi ke kocokan telur dan lapisi tepung panir sekali lagi. masukkan dalam kulkas kurang lebih setengah jam. goreng deh..
5. goreng amris dalam minyak yang banyak sampai terendam dengan api sedang sampai kuning ke emasan, angkat. Amris enak di nikmati pake sambel botolan.

jadinya 10 kulit untuk ukuran pan bulet 18cm.

n/b; - bisa juga di simpan ke dalam frezer, jadilah amris frozen. tepung panirnya bisa di tambahin garam dan merica sesuai selera biar lebih gurih.
-  biasanya minyak bekas menggoreng hanya sampai 2 x  penggorengan bakalan di penuhi ama bekas gorengan panir, saring dulu sebelum menggoreng lagi, karna bakal menggangu penampilan amris berikotnya. bisa juga pake 2 wajan. biar satunya bisa persiapan sebelum wajan yg satu udah penuh panir.
- jangan takut kalo amris menandakan mau meletuss.. tusuk aja pake lidi.. entar kempes sendiri.

No comments:

Post a Comment