Tuesday, February 21, 2012

Crackers fla dalam sekejap

Masih dalam mengenang jajanan tenpoe dolo, salah satu snack yang amat saya gemari apalagi pas jaman sma, ni snack doyan bangett dah. kalo pas smp kayanya lom ada kantin/warung yang jual. Dan kebetulan banget, pas masih kerja di Bjm, ada temen wartawan yang ngikut sertakan aku di pelatihan pembikinan kue2 untuk para wanita aka perempuan, salah satu kue yang di ajarin si crackers fla ini.

udah beberapa kali bikin pasti ludesss terus dalam sekejap, kemaren baru 10 menit doank nyampe meja makan udah tinggal piringnya doank, sampe yg bikin kagak kebagiann hahahhaa.. kemaren kan masih ada orang kerja juga di rumah, mas kukuh pas makan satu, langsung inisiatif kasihin ke mereka jadilah ludess dess dalam sekejap setelah nyisain dua untuk pasukan rumah..

aku tanyain Rafa setelah abis satu biji, 'mau lagi..?' dia jawab.. clakes fela nya udah habiss ma.. masih ada gak? :D, lain kali kayanya harus bikin porsi dobel. Resep di bawah udah aku modifikasi dari resep aslinya, sesuai lidah konsumen dan tukang bikin tentunya.

Crackers Fla ala Raida Wardoyo
Bahan:
- 1 pak crackers Malkis Roma yg ada taburan gulanya, isinya 18 buah
- 2 biji telur, pisahkan putih untuk lapisan dan kuningnya untuk bahan fla

Bahan Fla:
- 1 bungkus tepung hun kwe, bisa di ganti tepung maizena atau terigu, atau mungkin pula custard tapi saya lom pernah nyoba :D
- Gula pasir 100 gram, atau sesuai selera
- 2 biji kuning telur
- 400ml susu cair UHT, bisa pake susu kental manis atau susu bubuk full cream dicampur air hangat.
- 50 gr Margarin
- vanili dan garam secukupnya, bisa juga di tambah keju batangan yg di potong kecil2.

Cara buat:
1. Campur tepung dengan susu cair sedikit demi sedikit. Setelah Rata masukkan semua sisa bahan.
2. Masak di atas api kecil, sambil terus di aduk.
3. Saat mulai menggumpal, angkat panci adonan dari api, dan aduk terus sampai licin. masak lagi sampai meletup2, tandanya mateng. angkat dan dinginkan, tapi jangan dingin2 banget karna kalo udah kedinginan susah nempel.
4. Taruh bahan fla pada crackers dan tutup kembali. Kalo kurang nempel bisa di celupin ke putih telur dulu crackers nya, pelan2 aja biar gak remuk.
5. setelah semua selesai celupin ke kocokan putih telur, goreng pada minyak banyak dan panas bentar ampe warna kekuning2 an, dinginkan dolooo baru deh sajikan.

No comments:

Post a Comment