Tuesday, May 1, 2012

Behind the scenes 'Tumpeng untuk Alfie'



bu Sum, mba Mugi+patih, dan bu Agus
Mari kita budidayakan ni panganan, sebelum di caplok ma negara luar... dan oleh sebab itu sebagai warga negara Indonesia Raya yang sedang berusaha baik, ikut serta dalam hal melanjutkan warisan nenek moyang.. hayukkk kita bikin tumpeng ;))

Udah lama sih sebenarnya pengen bikin tumpeng, kayanya cantik aja ni makanan buat di poto2 'hah..dipoto?' kalo baca2in tekniknya make yg dasar2 aja keknya gak sulit2 amat, tapi kalo di liat bentuknya yooo keliatan ribet en mbulet juga. mumpung ada asisten dan emak2 PKK laennya yang bersedia bantuin, lagian mereka juga pernah bikin tumpeng buat lomba di kelurahan yang konon menurut legendanya menyabet juara satu... nahh.. kebetulan sekali kan, lagian juga mepet2 hari kelahirannya alfie.. pas bener tuh. dah sering kali kami dapet uleman *hantaran makanan* dari tetangga2 sini kalo ada acara, kami sendiri lom pernah bikin acara walo dah tinggal bertaon2 lamanya, karna daku malesss banget bayangin repotnya hiksss..., ampe acara buat akikohan Alfiepun lom terlaksana juga. Insya Allah ya nak.. entar saatnya pasti tiba.
si kecil satunya ikutan mo bantuin

jadi tu bebrapa hari yang lalu udah berunding ma sesepuh emak2 disini bahwa aku  mo bikin nasi tumpeng trus mo poto2 an ma si tumpeng ntar nasinya di bagi2 buat para tetangga deket, sebenarnya ini kagak seriuss banget malah terkesan iseng2 tapi masih ada harapan kaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii..iyahh..kali aja.. emaknya rafa beserta kawan2 e yg juga emak2 jadi juragan tumpeng :D

H-2
ni acara sempat hampir batal, karna guru si tumpeng baru saja kedatangan suaminya yang telah berpulang2 merantau nun jauh di sana. dan kedatanganya persis sehari sebelum tgl 24 itu. aku sempt berpikir.. aku akan tetep bikin semampu yang aku bisa tapi mungkin bagi2 nya gak sebanyak yg telah kami rencakan. pas minus dua hari  itu aku datengin bu sum buat mastiin aja.. eh katanya bisa kok. jadilah sorenya aku langsung berbelanja berbagai keperluan. aku minta mas kukuh buat nganter karna abis magrib kami kudu ke tempat temen yang mo 'boyongan rumah = menempati rumah baru' biar waktunya bisa di atur2 lagian juga rafa pasti mo ngikut aku kalo pergi.

sampai pasar legi aku langsung bergerilya nyari2 bahan, hampir satu karung tuh.. hayowww apa aja coba isinya, borong isi pasar kah kah..sebenarnya sekalian beli beras mo habis jadilah berkilo2 belinya, juga persiapan masak sehari setelahnya yang notaben pasti masih jetlag abis tempur seharian. bener dah.. kalo dalam keadaan niat banget bisa juga ni emak nenteng karung gede.

sampai rumah pas udah magrib, kita langsung bersiap ke acara berikotnya, ke tempat temen (om Asaad dan mba Yeti) pulang dari sana di rumah langsung ngelonin para balita, untung Alfie sebelum berangkat udah makan, juga Rafa ditempat temen tadi makannya lumayan banyak, jadil di rumah tinggaltimpuk2 pantat sambil di nenenin dann.. alhamdulillah terlelap juga. aku mulai nyicil masak, kek rebus telur terus bikin telur pindang kecap dan selanjutnya terus di hangatin ampe 3 malem tuk lebih abdol biar bumbu meresap, goreng kerupuk sama bungkus2 innya.

H-1
sore hari bu sum nyicil masak keringkentang ma kering tempe, juga perkedel, terus dadar rawis dan daun tampah. bu sum kan pesen tempenya yang bagus yang kenceng dan atos.. jadi sampai bu sum dateng aku lom dapet tempe yang atoss.. adanya cuman satu, jadi kelayapan lagi ke pasar cuman buat nyari tempe :( sebenaarnya lom dapat yang memuaskan juga tapi dari pada gak ada ambil aja dah yang ada2. dari jam 4 an ampe jam 9 malem bu sum bertempur.
nasi, abon, dadar, telur, kringkamtem, selada timun, bacem, mie+krupuk,pisang


Hari H
Aku berharap ni tumpeng bisa di bagikan buat makan siang.dari jam 7 bu sum dah dateng, mulai masak2 lagi. kami bikin nasinya ampe 5 kilo dan ternyata dandang panciku cuman bisa muet dua kilo kurangg..ohhh.. jam 11 baru dandang panci berarti jam 12 baru dua kiloan yang kelar..trus..kalo bolak balik baru kelar sorean dwunk..lom lagi hiasnaya...huwaaa..mo nangisss. mba mugi langsung inisiatif..pinjem ma sebelah aja punya tuh..dia kan sering masak tuk orang uaakehh.. alhamdulillahh.. di pinjemin.

ada sedikit insiden di sini, waktu ngukus nasi kan bu sum keluar bentar buat minjem cetakan trus aku masuk kamar bentar karna ada keperluan juga... dannnnnnnnn..terciumlah aroma gosong. nini langsung gempar.. apaan ni bauuu gosong.. aku langsung lari.. dan matiin komporr..owalahhhhh..ternyata air di dandang nasi habisss.. masih beruntung panciku selamat eh.. nasinya maksudnya. 5 menit aja telatt kayanya panciku bakal babak belurr..*masih khawatir ma panci ternyata*

Ibu Sumiati
dan walo dah dapet pinjeman dandang gede tetep aja gak bisa nyelesain buat makan siang, sebelumnya aku nganter dulu 3 kardus ke temen yang udah ta janjiin ma kasih gratisss tisss buat makan siang, ni juga telat seharusnya jam 12 eh malam molor ke setengah satu. lumayan ngacir di jalanan takut ngecewain pelanggan :D hingga lupa ada beberapa pernik yang gak masuk box.

karna harus masak lagi nasi selanjutnya. jam 2 an baru mulai bisa ngehias. prosesnya sungguh gak mudah.. aku milih lepas tangan aja dah.. biar mereka berkreasi sendiri.nenenin alfie yang juga keknya ngantuk. jam 3 an tumpeng wes dadi. pengenku langsung poto2 anbareng alfie.. opo doyo alfie nya turuuu.., jadilah poto2 tumpeng aja. gak berapa lama alfienya aku gendong.. takut kesorean banget buat nyebar si tumpeng ke tetangga. jadi tu acara lebih ke dominan poto2 an waee..selesai poto2 kai aku minta bacain doa buat alfie truss... tumpengnya langsung di obrak abrik ke kardus yang telah tersedia. bu sum sempat nanya.. gak di iris dulu tuh pucuknya sebagai mana biasanya trus di kasihkan ke orang terdeket? hahhaa.. gak perlu bu..langsung aja..poto2nya dah kelar :D

*****

kami mungkin harus lebih belajar lagi karna masih ada beberapa yang lom sempurna apalagi tumpeng yang retak.. dan mungkin aku tipe suka yang model sederhana, menurut aku pernak perniknya terlalu meriah.. juga rasa nasi yang terlalu beraoma.. tapi aku sungguh berterima kasih sekali dan terharu banget..  kepada bu Sum, mba Mugi, juga bu Agus yang udah turut andil serta bantuin dari pagi hingga sore juga bebrapa hari sebelumnya, tanpa mereka semua tumpeng itu gak akan pernah ada, walopun ada mungkin bentuknya awut2an :D

yah.. entar mo bikin lagi.. tapi kecil2 aja dulu kali yak... entar kalo dah ngerti medan perang mulai gede..mulai gede.. en trima pesenan dweh..aminn..

No comments:

Post a Comment